Kompetensi Lulusan

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama

  1. Lulusan mampu menjadi tenaga kependidikan dalam bidang teknologi pertanian dengan memiliki kompetensi tinggi untuk menjadi tenaga kependidikan, sehingga dapat dibanggakan dan berperan secara aktif dalam meningkatan kualitas peserta didik untuk kemajuan bangsa umumnya dan lebih khusus dalam dunia pendidikan.
  2. Lulusan mampu menjadi tenaga kependidikan yang menampilkan kinerja untuk bekerja, menyelesaikan masalah dan mengembangkan keilmuan serta keterampilan dalam bidang pendidikan teknologi pertanian dengan menggunakan prinsip-prinsip dasar teknologi dan manajemen pertanian.
  3. Lulusan mampu bekerja produktif, baik secara individu maupun kerja tim atau interdisipliner secara kreatif dan arif untuk memberikan kontribusi dalam penyelesaian permasalahan di masyarakat yang semakin komplek, khususnya di SMK Pertanian serta bidang teknologi pertanian umumnya.

Kompetensi Pendukung

  1. Lulusan mampu mengembangkan wawasan dan mengadopsi perkembangan ilmu-ilmu mutakhir dalam bidang teknologi pertanian.
  2. Lulusan mampu menangkap dan merespon persoalan nyata di masyarakat yang semakin komplek dan memecahkannya atas dasar prinsip pendidikan teknologi pertanian dan interdisipliner.
  3. Lulusan mampu membangun wawasan kreatif dan inovatif untuk mengembangkan pendidikan teknologi pertanian atau teknologi lokal menjadi teknologi yang kompetitif untuk mengembangkan dan meningkatkan nilai tambah yang khas di wilayah Sulawesi Selatan dan atau di kawasan timur Indonesia.

Kompetensi Lainnya

  1. Lulusan mempunyai kemampuan untuk memperkaya, memperluas dan mengembangkan wawasan bidang keilmuan pendidikan teknologi pertanian secara mandiri untuk memberikan kontribusi menyelesaikan permasalahan di SMK Pertanian dan di masyarakat yang semakin komplek dan memerlukan pendekatan interdisipliner melalui penguasaan yang memadai dalam merespon isu-isu strategis di lingkungan eksternal, baik yang berskala nasional maupun internasional.
  2. Lulusan mempunyai kemampuan untuk memahami dan merepresentasikan nilai-nilai, karakter dan jati diri sebagai bagian dari bangsa Indonesia pada umumnya dan UNM pada khususnya yang sangat konsen (concern) terhadap persoalan mendasar di masyarakat, khususnya dalam lingkup penyediaan tenaga kependidikan dalam bidang pendidikan teknologi pertanian dan pengembangan teknologi lokal menjadi teknologi yang kompetitif.