Analisis dan Capaian Kinerja

Capaian kinerja, secara keseluruhan, pada Fakultas Teknik dan PS PTP dianalisis berdasarkan data yang dikumpulkan pada setiap kriteria. Data dikumpulkan dari berbagai sumber yang terpercaya dan dari pangkalan data yang telah terintegrasi dengan sistem informasi pada UNM. Data seperti kepuasan pengguna juga dikumpulkan dengan instrumen yang telah tervalidasi oleh Tim Validasi UPPS. Konsistensi hasil analisis capaian kinerja dengan hasil pada setiap kriteria penilaian dipastikan dengan cara melakukan pengecekan kembali hasil pada setiap kriteria dan kesesuaiannya dengan hasil analisis.

Analisis capaian kinerja dilakukan secara menyeluruh, dan dilakukan berdasarkan setiap kriteria penilaian. Analisis ini dilakukan secara mendalam agar dapat mengidentifikasi akar masalah di Fakultas Teknik pada setiap kriteria. Hasil dari analisis capaian kinerja yang dilakukan kemudian dilaporkan kepada Pimpinan Fakultas dan SPMI UNM. Selain itu, hasil ini juga dipublikasikan pada pihak eksternal, seperti mitra pengguna lulusan dan stakeholder lainnya. Hasil analisis capaian kinerja Fakultas Teknik dan PS PTP dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat dan stakeholder lainnya pada website PTP (http://ptp.ft.unm.ac.id/).

Adapun hasil analisis capaian kinerja yang dilakukan Fakultas Teknik dan PS PTP adalah sebagai berikut:

Tabel D.1.1. Analisis Capaian Kinerja Fakultas Teknik UNM dan PS PTP

KRITERIA EVALUASI PENGEMBANGAN FAKULTAS TEKNIK DAN PS PTP
Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi

·   Implementasi VMTS yang dijabarkan dalam setiap kegiatan atau program FT UNM berjalan sesuai yang ditetapkan dan berdampak baik pada pencapaian target strategis yang telah direncanakan

·   Waktu penyelesaian studi yang mempengaruhi nilai persentase jumlah mahasiswa yang lulus < 4 tahun. Rata-rata waktu penyelesaian studi mahasiswa adalah 4.47 tahun.

·   Jumlah publikasi dosen baik di tingkat nasional maupun internasional yang bereputasi yang masih perlu untuk ditingkatkan agar berdampak pada jenjang karir dosen.

·   Sistem manajemen data dan informasi yang dimiliki oleh UPPS perlu ditingkatkan dan dilengkapi untuk menunjang data dan informasi yang dibutuhkan oleh PS PTP.

 

·   Optimalisasi atmosfer belajar dan bekerja melalui pemenuhan fasilitas sarana prasaran yang memadai dari segi ketersediaan dan kemudahan akses secara digital

·   Optimalisasi percepatan penyelesaian studi mahasiswa dengan meningkatkan pelibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian dosen

·   Peningkatan publikasi dosen baik nasional maupun internasional bereputasi, seperti mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah dan menyediakan klinik publikasi, sehingga mempercepat jenjang karir dosen

·   Pengadaan server miliki FT UNM agar terjadi peningkatan kemudahan dalam mengakses informasi mengenai FT UNM

·   Peningkatan animo mahasiswa dalam mengikuti kompetisi bidang karya ilmiah, seperti pemberian intensif bagi mahasiswa yang berprestasi pada Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)

·   Pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan program mbkm yang diterapkan pemerintah yang memberikan kontribusi besar untuk peningkatan indikator kinerja

·   Peningkatan wawasan dan keterampilan lulusan melalui berbagai kegiatan dan pelatihan yang dapat diadakan melalui kerjasama dengan industri

·   Peningkatan keahlian dan kompetensi mahasiswa melalui penguasaan bahasa inggris dan peraturan UNM mengenai standar minimal penguasaan Bahasa Inggris oleh mahasiswa

·   Peningkatan kerjasama dengan berbagai industri, sekolah, perguruan tinggi lain, balai penelitian ataupun instansi pemerintah maupun swasta.

Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama

·   Tata pamong, berbagai kebijakan yang diterapkan oleh FT UNM dan PS PTP sudah sesuai dengan aturan yang berlaku dan dilaksanakan secara menyeluruh

·   Perlunya penganggaran kuangan untuk operasional PS PTP yang bersifat insidental

·   Kewenangan mengelola keuangan berada di tingkat fakultas

·   Diperlukan peningkatan efisiesnsi tata pamong dan tata kelola FT UNM

·   PS PTP memiliki akreditasi B, sehingga perlu ditingkatkan

·   Diperlukan peningkatan kerjasama dari berbagai pihak

·   membuat kebijakan dengan mencantumkan dan menetapkan pendanaan, khusunya yang bersifat incidental

·   Pengembangan institusi dari Satker menjadi Badan Layanan Umum

·   Dilakukan digitalisasi agar meningkatkan efisiensi dan efektifitas tata pamong dan tata kelola FT UNM

·   PS PTP telah mempersiapkan diri untuk meningkatkan akreditasi, baik akreditasi nasional maupun internasional (ASIIN)

·   FT UNM dan PS PTP melakukan perluasan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti sekolah-sekolah, pemerintah daerah, balai riset, perusahaan swasta, dan NGO. Selain itu beberapa kegiatan yang mengundang pembicara dan dosen tamu juga dilakukan agar dapat meningkatan kualitas pendidikan di FT UNM, khususnya pada PS PTP

Mahasiswa

·   Hasil analisis terhadap tingkat kepuasan mahasiswa berkaitan dengan pelayanan kemahasiswaan menunjukkan bahwa kepuasan mahasiswa berada pada rentang 4 (Puas) hingga 5 (Sangat Puas). Hal tersebut menunjukkan bahwa pelayanan yang berkaitan dengan kemahasiswaan di fakultas Teknik sudah baik.

·   Seleksi calon mahasiswa baru di PSP PTP sudah baik dan calon mahasiswa diseleksi dengan sistem yang ketat. Jumlah rasio pelamar dan jumlah mahsiswa yang lulus termasuk tinggi.

·   Jumlah mahasiswa asing masih kurang pada PS PTP.

·   Adanya mahasiswa yang lulus seleksi tetapi tidak melakukan pendaftaran ulang dan menyebabkan kuota mahasiswa tidak terpenuhi

·   Peningkatan layanan kemahasiswaan terhadap pelayanan akademik, UKM, lembaga kemahasiswaan, beasiswa, bimbingan dan konseling, kesehatan, pengembangan karir, dan kewirausahaan terus dilakukan oleh FT UNM dan PS PTP. Selain itu, kemudahan akses terhadap pelayanan kemahasiswaan terus ditingkatkan dengan cara mengevauasi tingkat kepuasan mahasiswa dan menindaklajuti hasil tersebut.

·   Untuk meningkatkan penerimaan mahasiswa agar terjaring mahasiswa baru yang berkualitas, sosialiasi pada tingkat berbagai daerah dilakukan dengan berkala dan dilakukan dengan melalui daring dan luring. Sosialisasi PS PTP juga akan dilakukan pada tingkat internasional dengan membuat website PS PTP dalam Bahasa Inggris dan memperluas kerjasama dengan universitas di tingkat internasional

·   UPPS dan PS PTP mengembangkan beberapa bagian dari website PTP dan membuatnya ke dalam Bahasa Inggris. Selain itu, UPPS meningkatkan kerjasama dengan universitas di tingkat internasional

·   UPPS menetapkan sanksi kepada sekolah asal calon mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang, dimana  sekolah asalnya tidak diikutsertakan dalam SNMPTN tahun berikutnya. Selain itu, untuk untuk mengurangi mahasiswa yang tidak mendaftar ulang, maka diberlakukan kebijakan dimana mahasiswa yang telah lulus SNMPTN, tidak dibolehkan untuk mengikuti jalur SBMPTN dan SMMPTN di Fakultas Teknik.

Sumber Daya Manusia

·   Hasil evaluasi  dosen oleh mahasiswa menunjukkan mahasiswa secara keseluruhan menilai DTPS di PS PTP memperoleh nilai rata-rata, yaitu 76.13. Nilai ini mengindikasikan bahwa mahasiswa menilai kinerja DTPS di PS PTP tergolong pada kriteria yang baik

·   Hasil evaluasi BKD menunjukkan seluruh DTPS PS PTP memenuhi beban kerja yang telah dipersyaratkan, yaitu 16 sks

·   Dosen tetap PS PTP sudah melaksanakan kegiatan tridharma perguruan tinggi (Pendidikan (perkuliahan dan pengajaran), Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) dengan baik sesuai dengan aturan SN-Dikti. Hasil BKD menunjukkan kegiatan perkuliahan maupun pengajaran telah terpenuhi bahkan seluruh dosen di PS PTP memiliki kelebihan beban kerja dari standar yang dipersyaratkan. Hasil BKD di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan penunjang terlaksana dengan baik.

·   Beberapa dosen di PS PTP sudah layak untuk mengurus kenaikan jabatan fungsional dari Lektor Kepala menjadi Guru Besar, namun pengusulannya masih terkendala

·   FT UNM dan PS PTP senantiasa dan secara berkala memberikan pelatihan kepada dosen untuk mengembangkan kemampuan mengajarnya, seperti pelatihan pembuatan RPS berbasis PjBL dan studi kasus, PEKERTI, AA, dan teaching method

·   Beban kinerja dosen yang baik tetap dipertahankan dengan cara melakukan pengawasan dan penilaian BKD dosen di setiap semester. Bagi dosen yang kurang BKDnya, akan dievaluasi dan diberikan dukungan

·   Pelaksanaan tirdarma perhuruan tinggi dosen di FT UNM dan PS PTP ditingkatkan. Setiap dosen yang memiliki beban kerja yang lebih akan dihargai dan diberikan intensif dalam bentuk remunerasi. Hal ini mendorong semua dosen untuk berkegiatan lebih dan menghasilkan banyak karya.

·   UNM menyediakan sarana bagi seluruh dosen yang memenuhi syarat pengusulan Guru Besar untuk mengikuti kegiatan program penelitian PNBP percepatan Guru Besar, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2019.

Keuangan, Sarana, dan Prasarana

·   Dana operasional pendidikan sudah memadai. Rata-rata Dana Operasional Pendidikan (DOP) di prodi yaitu 1 : 7,8 juta.

·   Alokasi untuk kegiatan penelitian dosen sudah memadai, dimana rata-rata dana penelitian untuk setiap Dosen Tetap Program Studi per Tahunnya yaitu 41,6  Juta.

·   Alokasi untuk kegiatan PkM dosen sudah memadai dengan rata-rata jumlah dana PkM untuk setiap Dosen Tetap Program studi per Tahunnya yaitu 15,9 juta.

·   Data Investasi SDM, sarana, dan prasarana menunjukkan bahwa setiap tahunnya, investasi yang dialokasikan mengalami peningkatan.

·   Sarana dan prasarana yang disediakan oleh Fakultas  memadai untuk kebutuhan kegiatan pembelajaran dan penelitian dan memiliki tingkat kecukupan dan aksesibilitas yang baik. Terdapat berbagai prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran mahasiswa, seperti poliklinik, sarana olahraga, ruang himpunan, dll.

·   Fakultas Teknik dan PS PTP memiliki sarana teknologi informasi yang sangat memadai dalam proses pengumpulan data yang cepat akurat dan dapat dipertanggungjawabkan (kapasitas internet 800 Mbps dan jaringan fiber optic)

·   Perpustakaan UNM telah memiliki dan menyediakan pelayanan akses bebas untuk jurnal dan buku teks internasional secara online atau elektronik.

·   Peningkatan DOP pada PS PTP dilakukan dengan cara meningkatkan pengalokasian dana dan memaksimalkan sector penerimaan di FT UNM.

·   Pengefektifan dana penelitian untuk dosen dilakukan dengan cara meningkatkan output penelitian dosen, seperti meningkatkan jumlah publikasi dan meningkatkan produk hasil penelitian yang dapat bermanfaat dan digunakan untuk proses pembelajaran mahasiswa dan juga bagi masyarakat.

·   Efektifitas penggunaan dana PkM untuk dosen lebih ditingkatkan dengan cara mengevaluasi kegiatan pengabdian dosen dan memastikan bahwa pengabidian tersebut memiliki dampak yang nyata terhadap masyarakat

·   Dana investasi untuk SD, sarana, dan prasarana tetap ditingkatkan dan dimaksimalkan penggunaannya serta dievaluasi jika terdapat kekurangan, seperti dilakukan perawatan pada fasilitas secara berkala agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa dan seluruh civitas akademika UNM

·   Sarana dan prasarana yang ada akan ditingkatkan kecukupan aksesibilitasnya, serta dievaluasii setiap tahun. Peningkatan prasarana seperti pembangunan masjid dan perawatan fasilitas olahraga dilakukan oleh FT UNM agar mendukung proses pembelajaran mahasiswa

·   Jaringan fiber optik akan diperluas agar seluruh wilayah di FT UNM dapat terjangkau oleh kecepatan internet yang tinggi. Setiap mahasiswa diberikan akun agar dapat memanfaatkan fasilitas internet berkecapat tinggi

·   Perpustakaan didigitalisasi agar dapat dijangkau dengan mudah oleh mahasiswa. Selain itu, fasilitas perpustkaan terus ditingkatkan agar mahasiswa merasa lebih nyaman dalam perpustakaan

Pendidikan

·   PS PTP telah memiliki kurikulum yang mendukung program MBKM dengan melibatkan stakeholder dan para pengguna, serta mengoptimalkan integrasi hasil penelitian dan pengabdian dengan pembelajaran sebagai upaya untuk penyesuaian materi ajar dengan kebutuhan perkembangan IPTEK. Kurikulum tersebut juga direview oleh pakar pada program studi sejenis

·   Semua MK telah dilengkapi dengan RPS yang sesuai dengan standard an dilengkapi dengan metode evaluasinya

·   Hasil evaluasi EDOM menunkukkan bahwa mahasiswa puas dengan proses pembelajaran yang diberikan oleh dosen di PS PTP

·   Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat di FT UNM dan PS PTP banyak dimanfaatkan untuk menjadi bahan aja dan digunakan dalam proses pembelajaran

·   Pada kurikulum terdahulu, mumlah mata kuliah cukup banyak, sehingga dibutuhkan perampingan

·   Belum semua Dosen optimal menggunakan teknologi informasi

·   Tuntutan dan Disrupsi Pembelajaran menuntut persiapan yang cukup cepat

·   FT dan PS PTP menyediakan sistem pembelajaran daring yang berkualitas baik dan ditunjang dengan fasilitas yang memadahi, yaitu SYAM-OK agar mahasiswa tetap dapat melakukan pembelajaran dimana saja.

·   UPPS PTP telah melakukan rekontruksi kurikulumnya tahun 2015, 2018 dan tahun 2021 adaptasi program MBKM dengan melibatkan stakeholder dan para pengguna, serta mengoptimalkan integrasi hasil penelitian dan pengabdian dengan pembelajaran sebagai upaya untuk penyesuaian materi ajar dengan kebutuhan perkembangan IPTEK.

·   RPS ditinjau secara berkala dan selalu diupdate agar sesuai dengan perkembangan IPTEKS

·   Menyatukan mata kuliah sejenis, jumlah SKS meningkat

·   Teaching Kolaboratif antara dosen (senior dan yunior) dalam upaya mendukung pengembangan dokumen kurikulum dan program MBKM

·   Referensi berbasis jurnal ilmiah dan sumber belajar berbasis internet

·   Untuk menunjang pembelajaran yang lebih baik UPPS Pendidikan Teknologi Pertanian berusaha melengkapi sarana dan prasarana antara lain menambah ruang dan fasilitas laboratorium.

·   Hasil dari evaluasi yang dilakukan dua kali dalam satu semester yang kemudian dijadikan pedoman dalam melakukan perbaikan dan peningkatan pada proses pembelajaran

·   SYAM-OK diupgragde kapasitasnya agar dapat mendukung pembelajaran daring secara maksimal, seperti ditambah bandwithnya

Penelitian

·   Setiap dosen di FT UNM dan PS PTP memiliki roadmap penelitian yang sesuai dengan bidangnya masing-masing

·   Dosen di FT UNM dan PS PTP mengikutsertakan mahasiswa dalam penelitiannya, dengan jumlah penelitian yang melibatkan mahasiswa pada PS PTP adalah 86.8%.

·   FT UNM dan PS PTP mengevaluasi kesesuaian penelitian yang dilakukan oleh dosen dan roadmap penelitiannya secara berkala dan hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar dosen telah sesuai dengan roadmap penelitiannya

·   Hasil-hasil dari penelitian dosen digunakan sebagai bahan ajar yang dapat mendukung proses pemebelajaran mahasiswa

·   Terbatasnya sarana dan prasarana pendukung penelitian,

·   Perlunya peningkatan dana penelitian yang diterima oleh DTPS

·   Roadmap penelitian dosen dikumpulkan dalam suatu database di PS PTP

·   Mengevaluasi kikutsertaan mahaisswa dan meningkatkan jumlah mahasiswa dalam penelitian dosen

·   Hasil dari evaluasi kesesuaian roadmap digunakan untuk pengembangan prodi dan dosen di PS PTP

·   Meningkatkan output penelitian yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran mahasiswa di FT UNM dan PS PTP

·   Menambah fasilitas laboratorium dan alokasi dana penelitian dan dilakukan kerjasama penelitian dengan institusi lainnya yang memiliki fasilitas laboratorium yang lebih lengkap.

·   Dilakukan perencanaan terstruktur lebih lanjut terkait alokasi dana penelitian

Pengabdian kepada Masyarakat

·   Setiap dosen di FT UNM dan PS PTP memiliki roadmap tema pengabdian  yang sesuai dengan bidangnya masing-masing

·   Dosen di FT UNM dan PS PTP mengikutsertakan mahasiswa dalam kegiatan PkM, dengan jumlah PkM yang melibatkan mahasiswa pada PS PTP terus meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2021, daru 15 jumlah PkM, 14 telah melibatkan mahasiswa.

·   FT UNM dan PS PTP mengevaluasi kesesuaian PkM yang dilakukan oleh dosen dan roadmapnya secara berkala, yang dimulai dari seleksi proposal. Hasilnya menunjukkan bahwa sebagian besar dosen telah sesuai dengan roadmap penelitiannya

·   Hasil-hasil dari penelitian dosen digunakan sebagai bahan ajar yang dapat mendukung proses pemebelajaran mahasiswa

·   Kegiatan PkM yang dilakukan oleh tim DTPS PTP masih terfokus pada bidang pangan, belum banyak menyentuh bidang pertanian secara luas seperti bidang perikanan dan mekanisasi pertanian sedangkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian di bidang periakanan dan mekanisasi cukup memadai dan kompeten.

·   Roadmap PkM dosen dikumpulkan dalam suatu database di PS PTP

·   Mengevaluasi kikutsertaan mahaisswa dan meningkatkan jumlah mahasiswa dalam PkM dosen

·   Hasil dari evaluasi kesesuaian roadmap digunakan untuk perbaikan relevansi PkM dan pengembangan prodi serta dosen di PS PTP

·   Meningkatkan output PkM yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran mahasiswa di FT UNM dan PS PTP

·   Mengeksplorasi mitra-mitra yang memiliki permasalah di bidang pertanian secara luas, khususnya perikanan dan penerapan alsintan pertanian

Luaran dan Capaian Tridharma

·   Evaluasi capaian pembelajaran lulusan dilakukan terhadap seluruh lulusan selama 3 tahun terakhir terlacak sebanyak 177 orang. Indeks prestasi kumulatif (IPK) yang terus mengalami peningkatan dengan rata-rata IPK dalam kurun waktu tiga tahun yaitu 3,50 dan maksimal nilai IPK 3,86 dengan capaian prestasi yang sangat baik.

·   Mahasiswa pada PS PTP memiliki prestasi akademik yang tinggi, baik pada tingkat lokal, nasional maupun internasional .

·   Pada tahun 2019, terdapat 2 prestasi non akademik yang didapatkan mahasaiswa pada PS PTP, yaitu mendapatkan medali emas pada tingkat Internasional untuk bidang paduan suara

·   Rata-rata masa studi pada PS PTP  sudah masuk dalam kategori baik, yaitu 4,47 tahun

·   Efektivitas dan produktivitas capaian pembelajaran memperlihatkan proses pembelajaran yang berjalan dengan baik, walaupun dengan adanya kendala berupa catatan pencapaian jumlah lulusan yang tepat waktu hanya berjumlah 23,12% yang dihitung mulai dari tahun masuk 2014 – 2017

·   Keberhasilan studi mahasiswa pada PS PTP adalah lebih dari 85% dan hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran pada PS PTP sudah baik

·   Tracer study dilakukan secara berkala dan menggunaka metode yang tepat. Tracer study menunjukkan bahwa lulusan PS PTP memiliki daya serap yang tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari tingginya persentase lulusan yang bekerja kurang dari 6 bulan

·   Setiap lulusan mayoritas sudah bekerja sesuai dengan profil lulusan utama yaitu menjadi tenaga pendidik SMK pertanian

·   Berdasarkan tempat kerja, lulusan PS PTP memiliki tingkatan tempat kerja yang tinggi. Terdapat 18,29% yang bekerja pada tingkat lokal/wilayah/ berwirausaha tidak berbadan hukum, terdapat 76,57% yang bekerja pada tingkat nasional/ berwirausaha berbadan hukum, serta terdapat 5,14% yang bekerja pada perusahaan multinasional/internasional.

·   Tingkat kepuasan pengguna lulusan PS PTP adalah tinggi, baik pada askep etika, keahlian, penggunaan teknologi informasi, komunikasi, kerjasama, dan pengembangan diri.

·   Luaran penelitian mahasiswa pada PS PTP sudah baik. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah publikasi ilmiah mahasiswa pada jurnal nasional terkareditasi sebesar 116 dan seminar internasional sebesar 2 judul. Selain itu, terdapat juga HAKI dan buku yang dipublikasikan sebagai hasil dari penelitian mahasiswa.

·   Sebagai upaya bentuk pengembangan kualitas lulusan agar lebih dapat diterima dengan baik oleh pengguna, program studi akan terus melakukan riset dan inovasi terhadap proses pembelajaran, dan mengevaluasi riset yang akan dilakukan oleh mahasiswa agar masa studi dapat lebih optimal,

·   Program studi akan lebih meningkatan kompetensi penguasaan bahasa asing dengan cara membuat sebuah program english day dan memberikan pelatihan TOEFL secara berkala.

·   Tracer study dilakukan secara berkala dan dengan menggunakan metode yang tepat agar informasi mengenai capaian pembelajaran di PS PTP dapat ditingkatkan

·   Monitoring dan Evaluasi terhadap capaian pembelajaran lulusan di PS PTP mengikuti siklus penetapan, sosialisasi, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan perbaikan berkelanjutan (PSPEPP) dan hasil dari kegiatan ini digunakan untuk pengembangan prodi yang lebih baik

·   Peningkatan prestasi mahasiswa di tingkat internasional dengan cara mengikutsertakan mahasiwsa di berbagai seminar internasional dan lomba-lomba tingkat internasiona